Selasa, 18 Juni 2024

RSUP Adam Malik dan Arab Saudi Kerja Sama Operasi Jantung

Azzaren - Rabu, 22 Mei 2024 14:03 WIB
RSUP Adam Malik dan Arab Saudi Kerja Sama Operasi Jantung
Teks foto : Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara melakukan kerja sama dengan King Salman Relief dan Muslim World League dari Arab Saudi dalam kegiatan operasi jantung. (Azzareen)

Kitakini.news -Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara melakukan kerja sama dengan King Salman Relief dan Muslim World League dari Arab Saudi dalam kegiatan operasi jantung.

Baca Juga:

Direktur Utama RSUP Haji Adam Malik Zainal Safari mengatakan kerja sama itu dalam tiga periode. Menurutnya, periode pertama dilakukan selama tujuh hari yang akan mengerjakan bedah jantung sebanyak 20 orang.

"Akan ada pasien intervensi non bedah yang akan kami siapkan, tentu pilihannya pasien yang berat," ujar Zainal saat Konpers dengan wartawan di RSUP Adam Malik, Selasa (21/5/2024).

Lebih lanjut, Zainal mengatakan periode kedua akan dilakukan kerja sama antara dokter RSUP Haji Adam Malik dengan King Salman Relief dan Muslim World Legue, Arab Saudi, dilakukan dari 2 sampai 9 Juni. Sedangkan periode ketiga akan berlangsung mulai dari tanggal 26 Juni hingga 2 Juli 2024.

Kerjasama ini, tambah Zainal, merupakan yang pertama sekali dilakukan dengan pihak Arab Saudi. "Kerjasama ini merupakan kegiatan yang pertama sekali dilakukan dengan Indonesia. Selain dengan RS Adam Malik, mereka juga jalin kerjasama dengan RS Harapan Kita," tutur Zainal.

Dikatakannya akan ada 60 sampai 70 pasien bedahjantung yang akan ditangani pihak dokter dari Arab Saudi ini. "Diharapkan pasien yang akan ditangani pihak dokter Arab Saudi ini bisa mencapai setidaknya 60 pasien dengan perincian 20 pasien bedah jantungdan 40 pasien hipertensi jantung," tutur Zainal.

Kehadiran para dokter dari Arab Saudi ini membawa keberkahan bagi para pasien penyakit jantung terutama pada anak-anak.

"Kita kekurangan dokter jantung anak karena dokter jantung anak lagi pada sekolah. Kehadiran para dokter dari Arab Saudi ini sangat membantu pasien dan keluarganya sehingga tidak perlu lagi mengirim pasien ke RS Harapan Kita di Jakarta," paparnya.

Zainal juga menambahkan pasien yang melakukan operasi yang bekerja sama dengan Arab Saudi tidak berbayar, karena bisa memakai kartu BPJS.

Sementara itu, pihak keluarga pasien bedah jantung, Hitler Sianturi, mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya program kerjasama RSUP Adam Malik dengan King Salman Relief dan Muslim World League.

"Kami sangat terbantu dengan adanya program kerjasamaini sehingga kami tak perlu keluar biaya untuk operasi sehingga pikiran kami pun tidak terganggu sehingga pasien bisa cepat sembuh," ucap Hitler.

Hitler mengaku puas dengan hasil kerja dari para dokter Arab Saudi dan mengucapkan terima kasih atas pelayanan pihak RSUP Adam Malik yang baik.

Sementara itu, Ketua Kelompok Staf Medis Kardiovaskular RSUP HAM dr Faisal Habib SpJP (K) menambahkan, pada operasi jantung yang dilakukan setidaknya melibatkan tiga dokter jantung dari Arab Saudi, dua dokter jantung, dua dokter anestesi, satu dokter paru dan perawat bedah Rumah Sakit Adam Malik.

"Kami berencana, dalam misi pertama ini kami akan melakukan 60 sampai 70 pasien di antaranya 20 pasien bedah, 40 sampai 50 pasien intervensi jantung non bedah, seperti pasang ring jantung, tindakan katup menyempit dan lainnya," ucapnya.

Perwakilan King Salman Relief dan Muslim World League, Arab Saudi Dr Uthman Saad AlUthman mengatakan kerja sama ini untuk memberikan bantuan bagi mereka yang kesulitan ekonomi.

Di Medan masih banyak yang mengalami penyakit jantung yang komplek, hanya saja di Afrika sukses. "Misi ini terus berkelanjutan untuk membantu tindakan operasi jantung tersebut, jika ada fasilitas yang dibutuhkan akan difasilitasi dari kerajaan Arab Saudi," pungkasnya.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: M Iqbal
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Harta Kekayaan Bambang Meningkat Sejak Menjabat Dirut RSUP Adam Malik

Harta Kekayaan Bambang Meningkat Sejak Menjabat Dirut RSUP Adam Malik

Tersangka Korupsi, Segini Harta Mantan Dirut RSUP Adam Malik saat Menjabat

Tersangka Korupsi, Segini Harta Mantan Dirut RSUP Adam Malik saat Menjabat

Dugaan Korupsi Pengolahan Keuangan, Mantan Dirut RSUPH Adam Malik Ditahan

Dugaan Korupsi Pengolahan Keuangan, Mantan Dirut RSUPH Adam Malik Ditahan

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2024, RS Adam Malik Tetap Layani Kesehatan Masyarakat

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2024, RS Adam Malik Tetap Layani Kesehatan Masyarakat

Jadi Tersangka, Mantan Direktur Keuangan RSUP HAM Ditahan

Jadi Tersangka, Mantan Direktur Keuangan RSUP HAM Ditahan

Ibu Murni Penderita Kangker di Leher Dipulangkan dari RSUP HAM

Ibu Murni Penderita Kangker di Leher Dipulangkan dari RSUP HAM

Komentar
Berita Terbaru