Kamis, 25 Juli 2024

Tak Surut Dengan Caci dan Kritik, Polres Padangsidimpuan Jaga Komitmen Program SANTABi

Hari Bhayangkara ke-78 Tahun, Konsistensi Kebaikan
Efendi Jambak - Sabtu, 15 Juni 2024 17:23 WIB
Tak Surut Dengan Caci dan Kritik, Polres Padangsidimpuan Jaga Komitmen Program SANTABi
Teks foto : Efendi Jambak. (Dok Kitakini.news)

Kitakini.news - Ditahun 2024 usia polri genap 25 tahun sejak berpisah dengan kesatuan ABRI. Maka dari itu tugas dan fungsi polri sejak itu sangatlah berat menjadi pelayan bagi masyarakat banyak. Berbagai kekurangan, baik kekurangan personil dan tuntutan zaman satu persatu dibenahi dan di perbaiki oleh presiden lewat pimpinan kepolisian Republik Indonesia.

Baca Juga:

Namun, hingga saat ini masih banyak sekolompok atau segelintir orang yang berupaya mencari-cari kesalahan hingga meluapkan kritikan terhadap kepolisian. Pun ribuan kritikan itu, pihak kepolisian tetap berupaya berkomitmen menunjukkan tidak anti kritik dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Sebagai contoh di kota kecil, kota salak kota mungil yang sering di sebut bumi Dalihan Natolu, di bawah komando AKBP Dudung Setyawan, slogan SANTABi (Selaras Aman dan Tampil Baik), pihak kepolisian terus melakukan berbagai kegiatan yang bersifat humanis secara terus menerus bersama masyarakat, bagaimana pun kondisi dan situasinya, untuk hadir di tengah masyarakat.

Tak dapat kita pungkiri, semakin tingginya zaman semakin mudah masyarakat melakukan kritikan baik secara lisan, maupun lewat media sosial yang ada. Hujatan, cacian serta makian sering terlihat dan terdengar baik di tengah-tengah masyarakat maupun di dunia maya. Namun tak membuat surut semangat kepolisian, bahwa mereka meyakini diri sebagai pelayan, pengayom serta pelindung bagi rakyat Indonesia, khususnya di Kota Salak, Padangnadimpu (Padangsidimpuan).

Berbagai kegiatan positif terlihat nyata, saat polisi hadir untuk masyarakat. Contohnya seperti yang dilakukan Polres Padangsidimpuan yang tak pernah berhenti memberikan kehangatan ke semua lapisan masyarakat.

Contohnya, kepada masyarakat fakir dan miskin pihak kepolisian selalu hadir setiap jumatnya lewat coolingsystem dan peduli sesama. Berbagai macam makanan pokok diberikan kepada warga yang membutuhkan. Tak terbayangkan keikhlasan mereka sebagai petugas sigap mengumpulkan dana dari kantong masing-masing guna bermanfaat buat halayak ramai yang betul betul membutuhkan.

Dari situ penulis menilai bahwa slogan atau jargon SANTABi yang dibangun Kapolres Padangsidimpuan, benar-benar nyata dan memberikan kenyamanan untuk masyarakat Padangsidimpuan.

Bukan hanya itu, para pelajar santriwati bahkan yatim dan piyatu turut merasakan adanya kehangatan sentuhan dari pihak kepolisian. Terkadang kita tidak bisa membayang bagaimana beratnya tugas mereka sebagai pelayan, pengayom dan pelindung buat masyarakat.

Komitmen tidak anti kritik terus dilakukan pihak kepolisian khususnya di Kota Padangsidimpuan, walaupun mereka sering menerima kabar miring bahkan negatif, terutama lewat pintu Satlantas maupun Satresnarkoba. Mereka tak kunjung lelah menunjukkan kinerja mereka bahwa keluhan masyarakat terus mereka penuhi sesuai sumpah dan janji sebelum menjadi polisi.

Bayangkan saja, di pagi hari ada polisi yang mengatur lalulintas, di siang hari ada polisi yang memantau pasar serta berpatroli menjaga masyarakat, dan di sore hari ada polisi di banyak titik untuk kelancaran arus lalulintas hingga malam hari patroli bluelight tetap dilakukan sampai masyarakat tertidur nyenyak dan nyaman.

Memang benar kata pepatah, semakin tinggi pohon semakin kencang pulak angin yang menerpa. Hal itu bisa kita kaitkan kepada kepolisian. Banyak nya kasus yang belum selesai bukan menjadi halangan bagi polisi untuk terus berbuat baik. Namun persoalan atau kasus itu dikerjakan satu persatu, hingga selesai. Meskipun banyak masyarakat mengira polisi tidak bekerja atau tidak mengerjakan, pun demikian proses tetap dijalankan dan terus dilakukan guna kebaikan seluruh lapisan masyarakat.

Meskipun banyaka masyarakat yang mungkin tak percaya bagaimana kinerja kepolisian memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga, penulis yakin dan percaya institusi ini masih banyak menyimpan sosok baik, humanis, bermasyarakat, serta mampu berempati terhadap penderitaan masyarakat.

Selamat hari Bhayangkara ke-78 tahun,semoga polisi tetap eksis, menunjukkan sikaf tidak anti kritik guna menjaga Kamtibmas di Republik Indonesia, khususnya di Kota Salak, Kota Padangsidimpuan.



Oleh : Efendi Jambak, SPdI

-Penunlis adalah jurnalis di media Kitakini.news dan aktif di berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan di Kota Padangsidimpuan.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: M Iqbal
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Polres Padangsidimpuan Tangkap Penjual dan Pembeli Pil Ekstasi

Polres Padangsidimpuan Tangkap Penjual dan Pembeli Pil Ekstasi

Ops Patuh Toba 2024 Kanit Kamsel Polres Padangsidimpuan Tegur Pelajar

Ops Patuh Toba 2024 Kanit Kamsel Polres Padangsidimpuan Tegur Pelajar

Ops Patuh Toba 2024, Satbinmas Polres Padangsidimpuan Bincang ke Pengendara

Ops Patuh Toba 2024, Satbinmas Polres Padangsidimpuan Bincang ke Pengendara

Akibat Cemburu, Pemuda di Padangsidimpuan Tusuk Pelipis Mata Rekannya

Akibat Cemburu, Pemuda di Padangsidimpuan Tusuk Pelipis Mata Rekannya

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kapolres Padangsidimpuan Berikan Kejutan ke Kajari dan Jajaran

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kapolres Padangsidimpuan Berikan Kejutan ke Kajari dan Jajaran

Ancam Korban Pakai Pisau Cutter, Bandir di Bukit Simarsayang Sidimpuan Diringkus Tim Walet

Ancam Korban Pakai Pisau Cutter, Bandir di Bukit Simarsayang Sidimpuan Diringkus Tim Walet

Komentar
Berita Terbaru