Jumat, 17 Mei 2024

Kanwil Kemenkumham Sumut Berupaya Wujudkan Pengelolaan Keuangan dan BMN yang Akuntabel

Abimanyu - Kamis, 02 Mei 2024 17:20 WIB
Kanwil Kemenkumham Sumut Berupaya Wujudkan Pengelolaan Keuangan dan BMN yang Akuntabel
Teks foto : Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Agung Krisna. (Abimanyu/istimewa)

Kitakini.news -Demi mewujudkan pengelolaan Keuangan dan BMN yang akuntabel, Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara melaksanakan monitoring dan evaluasi pengelolaan Keuangan dan BMN satuan kerja di lingkungannya.

Baca Juga:

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Agung Krisna dalam kesempatan menyampaikan langkah-langkah strategis percepatan penyerapan anggaran.

"Penyerapan anggaran merupakan satu komponen yang diperhitungkan dalam menentukan apakah penggunaan anggaran telah dilakukan secara efektif dan efisien oleh satuan kerja," kata Agung Krisna di Aula Soepomo kantor wilayah, Kamis (2/5/2024).

"Untuk meningkatkan penyerapan anggaran, diperlukan percepatan pelaksanaan kegiatan secara efektif dan prioritas pencairan anggaran pada kegiatan yang berdampak pada masyarakat secara luas," lanjutnya.

Menurut Agung Krisna, ada beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan untuk percepatan penyerapan anggaran. Seperti diantaranya segera melakukan percepatan belanja dan selesaikan pekerjaan yang belum dilaksanakan sesuai rencana penarikan dana yang telah ditentukan.

Segera ajukan pembayaran atas tagihan sesuai dengan termin pembayaran yang tercantum dalam kontrak, segera lakukan pertanggungjawaban anggaran dari kegiatan yang telah selesai dilaksanakan dan segera lakukan identifikasi kembali kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan serta lakukan realokasi dan refocussing anggaran untuk kegiatan yang lebih prioritas, kebutuhan daya dan jasa serta potensi kekurangan / tunggakan bahan makanan.

Agung Krisna mengingatkan seluruh jajarannya bahwa dalam percepatan penyerapan anggaran agar tetap memperhatikan akuntabilitas pertanggungjawaban keuangan. Target penyerapan anggaran belanja pegawai di triwulan II sebesar 50%, belanja pegawai sebesar 50% dan belanja modal 40%.

Lebih jauh Agung Krisna meyakinkan apabila target yang telah ditentukan dapat dicapai, dan mengajak seluruh jajarannya untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk mencapai penyerapan anggaran sesuai target yang telah ditentukan.

"Teman-teman segera bangun dari tidurnya. Ayo kita bersinergi, di triwulan ke dua ini kita yakinkan diri mencapai target yang telah ditentukan. Mari kita bekerja sama dan sama-sama bekerja karena manusia tidak ada yang sempurna. Jangan tunda pekerjaan kita, segera selesaikan pekerjaan dan lakukan pembayaran sesuai dengan prosedur dan terminnya dan jangan lupa persiapkan laporan pertanggung jawabannya," tegas Agung Krisna.

Ditambahkan Agung Krisna, direncanakan dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi pengelolaan Keuangan dan BMN satuan kerja akan dilakukan setiap bulannya.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: M Iqbal
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Kanwil Kumham Sumut Deportasi 5 WNA Langgar Aturan Keimigrasian

Kanwil Kumham Sumut Deportasi 5 WNA Langgar Aturan Keimigrasian

Petugas dan Warga Binaan Rutan Labuhandeli Peringati HUT RI ke-78

Petugas dan Warga Binaan Rutan Labuhandeli Peringati HUT RI ke-78

Komentar
Berita Terbaru