Rabu, 22 Mei 2024

Indeks Daya Saing Digital Sumut Masuk 10 Besar Nasional

Heru - Jumat, 17 Mei 2024 01:03 WIB
Indeks Daya Saing Digital Sumut Masuk 10 Besar Nasional
(Diskominfo Sumut/Munawar Hrp)
Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menghadiri Forum Koordinasi dan Konsultasi dengan tema "Percepatan Transpormasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital untuk Sumatera Utara melalui Pemenuhan Kebutuhan dan Penataan SDM yang Kompeten"

Kitakini.news -Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terus melakukan percepatan tranformasi digital berbagai sektor. Sehingga Indeks Daya Saing Digital Sumut, yang tahun 2023 masuk 10 besar nasional, ke depan dapat terus ditingkatkan lagi.

Baca Juga:

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin pada Forum Koordinasi dan Konsultasi Percepatan Transformasi Digital oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia di Medan, Kamis (16/5/2024).

Pada tahun 2023, Indeks Daya Saing Digital Sumut naik 5,7 poin dari tahun 2022, yang sebesar 38,2 menjadi 43 poin, dan masuk 10 besar nasional. Nilai tersebut diperoleh salah satunya dari perubahan signifikan pada regulasi dan kapasitas pemerintah daerah yang naik sebesar 17,1 poin.

Pemprovsu telah banyak melakukan digitalisasi pada birokrasi dan pelayan publiknya. Mulai dari menggunankan Sistem Portal Satu Data yang bisa digunakan secara mudah oleh masyarakat, pembayaran pajak kendaraan melalui e-samsat,simitrasumut.com, perpustakaan digital, memberikan pelatihan program fast track untuk 1.000 UMKM dan masih banyak lainnya.

"Pemprovsu Sumut akan terus mempercepat transformasi digital atau digitalisasi di setiap sektor kami yang ada," tuturnya. kata Pj Gubernur Hassanudin dihadapan peserta forum.

Meski begitu, diperlukan banyak hal untuk mencapai transformasi digital. Mulai dari sistem digital yang handal, aplikasi yang lebih terintegrasi dan lugas. Sistem yang baik akan memungkinkan data dan informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat, mendukung proses pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efisien.

Diharapkan sistem yang ada terus dioptimalkan dan mesti dipastikan dapat digunakan oleh masyarakat.

"Selain itu, yang diperlukan adalah penyediaan infrastruktur, khususnya akses internet yang merata hingga ke pelosok daerah, adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Infrastruktur yang baik memastikan bahwa semua masyarakat tanpa terkecuali, dapat merasakan manfaat dari digitalisasi," bebernya.

Disektor pertanian, Pemprovsu juga mendorong transformasi penggunaan sistem digital untuk mendukung pelaku pertanian. Misalnya, dengan mengembangkan start up dan inovasi teknologi lokal melalui program inkubasi dan akselerasi.

Pemprovsu juga mendorong dan membantu petani dengan menyediakan platform digital untuk manajemen lahan, prediksi cuaca, hingga pemasaran hasil pertanian.

"Hal ini telah diimplementasikan pada kawasan pertanian terpadu di Dairi, untuk komoditas cabai, kubis dan kentang yang telah kita siapkan, untuk menerapkan pertanian presisi, selain itu juga dengan kelompok tani di Deli Serdang dan Batubara sudah mengadopsi teknologi dan digitalisasi pertanian," tandasnya.

Disampaikan juga, transformasi digital bukan tugas yang mudah. Diperlukan perubahan pola pikir seluruh pihak untuk menghadapi tantangan yang peluang yang ada.

"Transformasi digital bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan komitmen dan kerja sama yang kuat, saya yakin kita dapat mewujudkan pemerintahan digital yang lebih baik untuk mendukung penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Sumut," ujar Hassanudin.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi dan Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Eko Dono Indarto menyampaikan pentingnya transformasi digital menyeluruh di pemerintahan. Transformasi digital bertujuan untuk mewujudkan pelayanan prima yang efektif dan efisien terwujud.

"Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk transformasi digital dan sistem yang terintegrasi tersebut mulai dari perencanaan hingga sumber daya manusia yang kompeten," kata Eko. (**)


Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Buka Musrenbang RPJPD Medan 2025-2045, Hassanudin: Keselarasan Rencana Pembangunan Kunci Indonesia Emas

Buka Musrenbang RPJPD Medan 2025-2045, Hassanudin: Keselarasan Rencana Pembangunan Kunci Indonesia Emas

Hassanudin: Pemprovsu Terus Bekerja Kendalikan Inflasi

Hassanudin: Pemprovsu Terus Bekerja Kendalikan Inflasi

Sambut Indonesia Emas, ASN Diminta Berikan Pelayanan Terbaik Sambut

Sambut Indonesia Emas, ASN Diminta Berikan Pelayanan Terbaik Sambut

Hassanudin: Pelaksanaan PON XXI Sesuai Jadwal

Hassanudin: Pelaksanaan PON XXI Sesuai Jadwal

Hassanudin Harap IPPAT Berikan Solusi Pelayanan Cepat, Tepat dan Pasti

Hassanudin Harap IPPAT Berikan Solusi Pelayanan Cepat, Tepat dan Pasti

Ibu Negara Puji Stan Sumut di Dekranas Expo 2024

Ibu Negara Puji Stan Sumut di Dekranas Expo 2024

Komentar
Berita Terbaru