Jumat, 21 Juni 2024

Pentingnya Program Parental Education Diterapkan Orang Tua

Heru - Sabtu, 30 Desember 2023 16:03 WIB
Pentingnya Program Parental Education Diterapkan Orang Tua
(Dok. Penulis)
Seorang Mentor di YPIT Raudhatus Sakinah sedang memberikan materi tentang Parental Education kepada para orang tua baru-baru ini.

Kitakini.news - Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa sekolah merupakan tempat utama pendidikan anak. Namun sebenarnya pendidikan itu dimulai sejak anak lahir yang kemudian didik oleh kedua orang tua. Dengan kata lain, pendidikan diawali dari keluarga dan pendidikan tersebut dinamakan pendidikan informal.

Baca Juga:

Orang tua dan rumah adalah sekolah pertama yang dikenal oleh anak, sehingga peran orang tua sangat penting. Sebab melalui orang tua, anak akan belajar mengenai nilai-nilai dan norma sebelum memasuki jenjang pra sekolah maupun pendidikan sekolah dasar.

Dalam hal ini, orang tua harus memberikan teladan yang baik bagi anak-anaknya, karena anak memiliki daya imitasi yang tinggi, yakni menirukan segala sesuatu yang didengar dan dilihat. Maka dari itu, disinilah orang tua diminta harus lebih berhati-hati dalam prilaku maupun perkataan.

Akan tetapi, kondisi yang diharapkan itu tidak semua diterapkan oleh orang tua. Masih terdapat sebagian orang tua yang belum terfikir dan memahami tentang hal itu. Dan masih ada sebagian orang tua yang terkesan acuh tak acuh kepada anak-anaknya.

Misalnya bertengkar antara ayah dan ibu di depan anak-anak, melakukan kekerasan fisik maupun verbal kepada anggota keluarga dan lain-lain. Kondisi ini justru akan membuat anak tertekan dan menghambat perkembangan mentalnya, terutama memberikan contoh perilaku yang tidak terpuji.

Sebenarnya, orang tua memiliki perang yang sangat penting dalam mengasuh, merawat tumbuh kembang anak, termasuk dalam membentuk karakter yang lebih baik bagi anak. Sementara keluarga, adalah sebagai tempat anak mengadu dan mencari jalan keluar dari permasalahan yang dimilikinya.


Selain itu, keluarga juga merupakan tempat menceritakan suka dan duka bagi seorang anak. Jadi, itulah mengapa keluarga memegang peranan penting terhadap anak, karena di dalam keluargalah pendidikan pertamanya didapat. Untuk itu, diperlukan penunjang supaya keluarga dapat menjalankan perannya dengan baik, yaitu program Parental Education yang dinilai sangatlah penting.

Untuk memahami apa itu Parental Education, pertama perlu kita pahami terlebih dahulu yang dimaksud dengan Parental Education, bagaimana bentuk pelaksanaan dari program Parental Education dan bagaimana urgensinya dalam pendidikan keluarga.

Parental Education merupakan pengasuhan anak atau istilah yang digunakan untuk mewakili pendidikan orangtua dalam mengasuh, membimbing, serta mendidik anak dengan cara yang tepat dan benar agar anak dapat bertingkah laku sesuai dengan norma dan perilaku masyarakat yang dianggap baik.

Parental Education merupakan usaha memaksimalkan pengajaran dan pembiasaan baik dari keluarga, lingkungan dan sosial khususnya berupa nilai sosial, norma, adat istiadat dan kebiasaan yang diajarkan kepada anak-anak. Dalam prosesnya, orang tua akan mengajarkan anak-anak mereka terkait hal-hal dan kegiatan yang bisa dilakukan sehari-hari terkait tata cara makan yang baik (Nourishing), mengarahkan (Guiding), melindungi (Protecting) dan mengajarkan nilai dan norma sosial (Teaching).

Tujuan utama dari Parental Education adalah untuk merawat, melindungi, serta memastikan keselamatan dan kesehatan anak. Parental education juga menjadi program pertama dalam mensukseskan dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran bagi anak-anak sebelum mereka benar-benar siap memasuki dunia sosial.


Istilah Parental Education dalam pendidikan merupakan usaha membagikan ilmu untuk membantu orang tua dalam mendidk anak baik secara langsung maupun tidak langsung. Program ini juga merupakan pendidikan yang diberikan kepada anggota keluarga, khususnya bagi orang tua yang memiliki kemampuan untuk mendidik dan merawat anak untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Program Parental Education merupakan sekumpulan program yang dilakukan untuk mendukung proses belajar mengajar serta meningkatkan interaksi dan ikatan antara orang tua dengan pihak sekolah untuk bersinergi dan menyelaraskan pengasuhan anak di rumah dan disekolah.

Program Parental Education juga sangat penting bagi orang tua dan keluarga lainnya karena dapat membantu anak-anak mereka dalam membentuk karakter yang baik dan mengembangkan potensi yang ada pada anak dengan optimal.

Parental Education ada berbagai macam bentuk pelaksanaannya, seperti mengadakan pertemuan di sekolah, pertemuan di balai desa yang diadakan oleh kepala desa dan mengunjungi rumah secara langsung. Selain itu, juga dapat dilaksanakan dengan metode Sharing yang membahas seputar pertumbuhan dan perkembangan dan bagaimana cara menjadi keluarga yang baik untuk anak, supaya dapat dijadikan contoh yang baik pula untuk pembentukan kepribadiannya, karena keluarga yang baik tentu akan memberikan rasa aman dan nyaman.

Parental Education juga akan memberikan wawasan seputar pertumbuhan dan perkembangan pada anak, bagaimana berkomunikasi antara orang tua dan anak supaya dapat terhubung dengan mereka, sehingga keakraban dengan anak tercipta dan dapat menjadi tempat yang dipercaya untuk memberitahukan permasalahan yang sedang dihadapi anak, tujuannya agar dapat mencarikan solusi dari permasalahan tersebut.

Kegiatan Parental Education juga dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan, diantaranya mengundang narasumber pakar pendidikan dari kesehatan atau bisa juga pengawas sekolah untuk memberikan pengetahuan tentang tahap perkembangan anak, mengadakan kegiatan membuat prakarya bersama ibu, kegiatan out bond dan lain-lain untuk menciptakan kerjasama yang baik antara orang tua dan anak.

Maka dari itu penulis menyimpulkan bahwa pendidikan Parental Education sangat dibutukan agar anak tumbuh berkembang menjadi orang yang memiliki karakter yang baik. (**)

Penulis: Eka Novika S.Pd dan Ira Supartiningsih. S.Pd

(Tim Manajemen YPIT Raudhatus Sakinah)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Heru
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru