Selasa, 16 April 2024

Kalahkan Thailand 2-1, Uzbekistan Hadapi Qatar di Perempat Final Piala Asia 2023

Thailand Menjadi Wakil ASEAN Terakhir yang Tersingkir di Piala Asia 2023
Sukri - Selasa, 30 Januari 2024 22:40 WIB
Kalahkan Thailand 2-1, Uzbekistan Hadapi Qatar di Perempat Final Piala Asia 2023
the-afc.com
Selebrasi Abbosek Fayzullayev usai mencetak gol penentu kemenangan ke gawang Thailand.

Kitakini.news -Timnas Uzbekistan berhasil mengamankan satu tempat di babak perempat final Piala Asia 2023. Pada pertandingan babak 16 besar yang digelar di Stadion Al Janoub, Selasa (30/01/2024), Serigala Putih, julukan timnas Uzbekistan berhasil mengakhiri perlawanan sengit dari Thailand dengan skor akhir 2-1.

Baca Juga:

Keberhasilan ini membawa Uzbekistan melangkah ke tahap selanjutnya dalam perburuan gelar Piala Asia 2023.

Uzbekistan memulai pertandingan dengan gaya bermain agresif dan menekan pertahanan Thailand selama 15 menit pertama. Tim Gajah Perang hampir secara eksklusif mengandalkan serangan balik untuk melepaskan diri dari tekanan, namun serangan Thailand sering kali terhenti di barisan lini tengah Uzbekistan yang solid. Skema pertahanan Uzbekistan berhasil membendung upaya serangan Thailand dalam fase awal pertandingan.


Uzbekistan kembali mendapatkan peluang pada menit ke-30 melalui tendangan jarak jauh dari Kholmatov. Sayangnya, tendangan tersebut tetap tepat mengarah ke kiper Patiwat yang tampil cemerlang dalam pertandingan tersebut. Kiper Thailand berhasil mengantisipasi dan mengamankan gawangnya dari ancaman tembakan Kholmatov.


Pada menit ke-36, Uzbekistan berhasil membuka kebuntuan. Umpan panjang dari Kholmatov dengan sempurna diterima oleh Azizbek Turgunbaev. Tanpa terhalang oleh pengawalan Theeraton Bunmatan, Turgunbaev dengan satu sentuhan langsung melepaskan tendangan yang tidak dapat dihentikan oleh Patiwat. Dengan gol ini, Uzbekistan unggul 1-0 dalam pertandingan.


Pada menit ke-41, Kholmatov memiliki peluang dari luar kotak penalti. Meskipun demikian, tendangan melengkungnya masih melebar di sisi kiri gawang Thailand. Peluang tersebut menjadi yang terakhir dalam babak pertama. Skor 1-0 tetap bertahan hingga turun minum, dengan Uzbekistan memimpin dalam pertandingan ini.


Setelah jeda, Thailand mulai tampil lebih terbuka. Beberapa serangan dari pemain depan tim yang dilatih oleh Masatada Ishii memberikan tekanan kepada barisan pertahanan Uzbekistan. Usaha tersebut berbuah pada menit ke-58 melalui kerja sama satu-dua sentuhan pemain Thailand yang dipimpin oleh Supachok Sarachat, yang masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua.


Kerja sama tersebut melibatkan Supachai Chaided dan diakhiri dengan tendangan jarak jauh dari Supachok di luar kotak penalti. Tendangan tersebut berhasil melewati gawang Utkir Yusupov dan mengubah skor menjadi 1-1. Moment ini menjadi penanda bahwa Thailand mampu bangkit dan menyamakan kedudukan setelah tertinggal.


Thailand mendapatkan kembali kepercayaan diri untuk bermain lebih agresif, namun, mereka malah lengah. Uzbekistan berhasil mengembalikan keunggulan melalui aksi Abbosek Fayzullayev pada menit ke-65. Dengan skor 2-1, Uzbekistan kembali memimpin dalam pertandingan.


Pada menit ke-88, Thailand memiliki peluang emas melalui tendangan bebas di depan kotak penalti Uzbekistan. Sayangnya, tendangan dari Supachok Sarachat masih kurang kuat dan bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper Yusupov. Meskipun demikian, Thailand terus berusaha mencari peluang untuk menyamakan skor hingga akhir pertandingan.

Pada masa perpanjangan waktu, Thailand mendapatkan peluang emas melalui skema tendangan bebas. Umpan yang dikirim oleh Pansa Hemviboon dengan tepat mengarah ke dalam kotak penalti dan disambut oleh Elias Dolah. Sayangnya, sundulan Elias masih melambung tipis di atas mistar gawang Uzbekistan. Meskipun Thailand mendominasi dengan 63 persen penguasaan bola pada babak kedua perpanjangan waktu, skor 2-1 tetap bertahan hingga pluit panjang berbunyi, memastikan kemenangan Uzbekistan.


Kemenangan tersebut membawa Uzbekistan melangkah ke babak perempat final Piala Asia 2023. The White Wolves selanjutnya akan menghadapi tuan rumah Qatar yang berhasil mengalahkan Palestina dengan skor 2-1. Di sisi lain, kekalahan Thailand menandai berakhirnya perwakilan ASEAN di turnamen ini. Sebelumnya, Timnas Indonesia juga harus pulang setelah kalah 0-4 dari Australia pada babak 16 besar.


Uzbekistan: Utkir Yusupov (K); Farrukh Sayfiev, Rustamjon Ashurmatov, Umar Eshmuradov, Abdukodir Khusanov; Jaloliddin Masharipov, Azizbek Turgunbaev, Diyor Kholmatov; Oston Urunov, Odiljon Khamrobekov, Abbosbek Fayzullayev

Pelatih; Srecko Katanec


Thailand: Patiwat Khammal (K); Theeraton Bunmatan, Pansa Hemviboon, Elias Dolah, Nicholas Mickelson; Weerathep Pomphan, Sarach Yooyen, Pathompol Charoenrattanapirom, Worachit Kanitsribampen, Rungrath Phumichantuk; Supachai Chaided.

Pelatih: Masatada Ishii

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Berobat Kanker ke Thailand, Vidi Aldiano: Yang Penting Berusaha

Berobat Kanker ke Thailand, Vidi Aldiano: Yang Penting Berusaha

Gol 'Roket' Ravshan Khayrullaev jadi Penentu Kekalahan Timnas U20 Indonesia atas Uzbekistan

Gol 'Roket' Ravshan Khayrullaev jadi Penentu Kekalahan Timnas U20 Indonesia atas Uzbekistan

Timnas Indonesia U-20 Bertekad Bangkit dalam Ujicoba Kontra Uzbekistan

Timnas Indonesia U-20 Bertekad Bangkit dalam Ujicoba Kontra Uzbekistan

Pecundangi Thailand di Kandang Sendiri Timnas U-23 Indonesia Tantang Vietnam di Final

Pecundangi Thailand di Kandang Sendiri Timnas U-23 Indonesia Tantang Vietnam di Final

Komentar
Berita Terbaru