Selasa, 18 Juni 2024

Aplikasi Siprolaga Diluncurkan Pj Gubsu Hassanudin: Untuk Pengembangan Olahraga dan Penghargaan pada Atlet

Aplikasi Konsep Satu Data Keolahragaan Sumut Diluncurkan
Sukri - Rabu, 20 Desember 2023 23:46 WIB
Aplikasi Siprolaga Diluncurkan Pj Gubsu Hassanudin: Untuk Pengembangan Olahraga dan Penghargaan pada Atlet
istimewa
Suasana Peluncuran Aplikasi SIPROLAGA
Kitakini.news -Dr. Hassanudin, Penjabat Gubernur Sumatera Utara, baru saja meluncurkan aplikasi SIPROLAGA (Sistem Informasi Peningkatan Prestasi Olahraga) Sumatera Utara pada Senin, 18 Desember 2023. Aplikasi ini dianggap sebagai langkah awal dalam mewujudkan konsep Satu Data Keolahragaan di Sumut. Aplikasi ini dapat diakses melalui tautan https://siprolaga.sumutprov.go.id/.

Baca Juga:

"SIPROLAGA akan memastikan ketersediaan data sumber daya dan organisasi olahraga untuk kepentingan olahraga dan sebagai acuan pengambilan kebijakan pembangunan keolahragaan daerah. Mulai dari tahapan perencanaan, alokasi sumber dana, pelaksanaan maupun evaluasi program keolahragaan," kata Pj Gubsu diwakili Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut, H Baharuddin Siagian, SH, M.Si, di Le Polonia, Jalan Sudirman, Medan.


Melalui SIPROLAGA pengembangan sistem data keolahragaan akan terintergrasi sebagai Satu Data Keolahragaan Provinsi Sumatera. Kehadiran sistem informasi ini, akan membantu pemerintah dan stakeholder olahraga daerah melakukan pemetaan potensi daerah, potensi atlet dan pelaku olahraga, pemberiaan bantuan pendanaan.


"Termasuk juga pemberian bantuan sarana dan prasarana olahraga, bantuan pembinaan dan pengembangan olahraga dan penghargaan pada atlet," bebernya.


Turut hadir perwakilan KONI Sumut, KORMI Sumut, NPC Sumut, FIK Unimed, STOK Binaguna, ISORI Sumut, IGORNAS Sumut, Bapopsi, Pengprov Cabor dan Inorga, Dispora kabupaten/kota se Sumut, SIWO PWI Sumut, dan undangan lainnya.


Kata dia, SIPROLAGA akan mempermudah akses data keolahragaan bagi masyarakat dan industri olahraga. Karena itu, dia berharap, dukungan kepada seluruh peserta, semua stakeholder dari organisasi /lembaga /badan /akademisi olahraga olahraga dan pemerintah kab/kota untuk bekerjasama menyajikan data tenaga keolahragaan dan organisasi keolahragaan. "Karena aplikasi ini butuh kerjasama dan data dari semua pihak terkait," ujarnya.


Di sisi lain, Pj Gubsu juga mengingatkan PON XXI 2024 sudah semakin dekat, yakni 265 hari ke depan. Sebagai tuan rumah, untuk meraih prestasi Sumut harus lakukan pembinaan dan pengembangan olahraga secara terencana, sistematis, terpadu, berjenjang dan berkelanjutan. "Tentu juga dengan manfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan berbasis digital serta dalam mewujudkan penyenggaraan desain olahraga daerah," ujarnya.


Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sumut, Budi Syahputra, M.Si, menambahkan, pihaknya mengembangkan aplikasi ini untuk memaksimalkan pembangunan keolahragaan di Sumut. Inovasi ini memerlukan sinergitas semua pihak. "Kami akan berikan turorialnya. Data-data yang diperlukan, harus bisa disediakan untuk diunggah ke aplikasi ini," bebernya.


Kabid Pembinaan Prestasi PBVSI Sumut, Prof. Dr. Indra Kasih, M.Or, mengatakan, aplikasi SIPROLAGA merupakan jawaban dari kebutuhan kekinian dalam pembinaan olahraga daerah. Menurutnya, semua pihak perlu bekerjasama agar manfaat aplikasi ini maksimal.


"Aplikasi ini menjadi awal pemanfaatan Big Data dalam keolahragaan di Sumut. Ke depan, perlu dibuat indikator talent scouting berbasis teknologi ini, untuk menjaring calon atlet potensial," bebernya.

Sekretaris SOIna (Special Olympic Indonesia) Sumut, Mardi Panjaitan, menyambut baik kehadiran aplikasi ini.

Menurutnya, salah satunya akan mempermudah bagi pihaknya untuk melakukan pemetaan dan penataan organisasi. "Kami harap penggunaan aplikasi ini bisa diajarkan ke kami, supaya segera kami lengkapi data yang diperlukan," katanya.


Sedangkan Faralita Avianda Lubis, dari Perbafi Sumut, pun menyatakan hal senada. Kata dia, inovasi yang dilakukan Dispora Sumut dengan meluncurkan SIPROLAGA ini wajib didukung oleh semua pihak. "Karena aplikasi ini cukup lengkap bagi kita pengurus/pegiat olahraga untuk menemukan data terkait. Aplikasi ini juga akan membuat kerja pembinaan olahraga di organisasi semakin terukur dan mudah dievaluasi," pungkasnya.


Seminar dan Bimtek

Dalam peluncuran SIPROLAGA juga dilakukan seminar & bimtek keolahragaan regulasi dan inovasi keolahragaan untuk penguatan desain olahraga daerah (DOD) dalam peningkatan prestasi olahraga Sumut dan Sukseskan PON 2024 Aceh – Sumut.


Ketua Panitia Eny Siswati menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud amanah UU No 11/2022 tentang Keolahragaan dan Perpres No 86/2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). "Pemerintah daerah membina, mengembangkan dan melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan untuk memajukan keolahragaan. Termasuk juga sistem informasi keolahragaan berbasis big data analiytic," kata Eny.


Dalam seminar dan bimtek ini Dispora Sumut mengundang sejumlah narasumber yakni Prof. Dr. Imran Akhmad, M.Pd (Dekan FIK Unimed), Prof. Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd (Akademisi Olahraga), Dr. Mhd Furqan, S.Si, M.Comp.Sc (Pakar IT UINSU), dan Dr. HM Joharis Lubis, MM (Akademisi)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
PB PON Menyelenggarakan 3 Event Olahraga Ajang Mensosialisasikan PON XXI 2024 Aceh-Sumut

PB PON Menyelenggarakan 3 Event Olahraga Ajang Mensosialisasikan PON XXI 2024 Aceh-Sumut

KPU Sumut Luncurkan Maskot Harimau Demokrasi dan Jingle Pilgub

KPU Sumut Luncurkan Maskot Harimau Demokrasi dan Jingle Pilgub

Ketua DPRD Madina dari Gerindra Tersangka Dugaan Suap PPPK

Ketua DPRD Madina dari Gerindra Tersangka Dugaan Suap PPPK

Hassanudin Laporkan Persiapan PON XXI ke Presiden Jokowi

Hassanudin Laporkan Persiapan PON XXI ke Presiden Jokowi

Ikuti UKK sebagai Bacalon Wakil Walikota di PKB, Rudy Hermanto Siap Bangun SDM Kota Medan

Ikuti UKK sebagai Bacalon Wakil Walikota di PKB, Rudy Hermanto Siap Bangun SDM Kota Medan

Terima Pimpinan Muhammadiyah, Sutarto Ajak Perkuat Sinergitas Untuk Sumut

Terima Pimpinan Muhammadiyah, Sutarto Ajak Perkuat Sinergitas Untuk Sumut

Komentar
Berita Terbaru