Rabu, 22 Mei 2024

Jangan Asal Makan, Ini Makanan Sehat Merayakan Tahun Baru

Fitri - Senin, 18 Desember 2023 10:01 WIB
Jangan Asal Makan, Ini Makanan Sehat Merayakan Tahun Baru
Instagram @culinarysisterss
Jagung imengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.
Kitakini.news - Tahun Baru adalah momen penting bagi kebanyakan orang. Namanya momen besar, biasanya tak luput dengan berbagai makanan yang enak, dari yang bakar-bakaran hingga menu yang jarang disantap di hari biasa.

Terlepas di mana lokasi menikmati pergantian tahun, makanan memang merupakan unsur penting dari momen itu. Nah, jangan berlebihan agar Anda terhindar dari penyakit pada tahun berikutnya.

Baca Juga:

Melansir hallodoc.com, Senin (18/12/2023), tanpa menghilangkan kemeriahan, sejatinya ada beberapa menu sehat yang bisa disajikan atau disantap dalam momen malam Tahun Baru. Berikut daftarnya:

1. Jagung Bakar

Jagung bakar menjadi salah satu hidangan khas saat perayaan tahun baru. Ternyata, jenis makanan yang satu ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang bisa memberi manfaat untuk tubuh.

Jagung itu mengandung beragam nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah mineral, serta vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pertanyaannya, apakah jagung yang dibakar cukup sehat? Nah, meski diolah dengan cara apapun, jagung nyatanya memiliki kandungan sejumlah senyawa bioaktif yang disebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

2. Seafood

Makanan laut seperti udang juga sering disajikan saat malam perayaan Tahun Baru. Jenis makanan ini mungkin dihindari oleh beberapa orang, karena faktanya udang memang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Meski begitu, udang merupakan jenis makanan laut yang banyak mengandung nutrisi, termasuk protein, kalori, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, zinc, lemak omega-3 dan omega-6, serta antioksidan.

Namun, agar manfaat sehat udang bisa didapatkan, hindari mengonsumsinya secara berlebihan. Jadi, jangan mentang-mentang malam Tahun Baru semuanya jadi bebas.

3. Sayuran Panggang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rutin mengonsumsi sayur-sayuran bisa memberi manfaat bagi tubuh. Nah, agar tidak bosan, makanan sehat ini bisa diolah dengan cara yang berbeda sebagai hidangan tahun baru.

Caranya adalah dengan dipanggang. Membuat sayuran panggang bisa menjadi pilihan untuk menghidangkan makanan sehat, Anda juga bisa menambahkan bumbu dan menyantapnya bersama menu BBQ.

Sayuran panggang memiliki jumlah kalori yang lebih rendah, tetapi kaya akan kandungan nutrisi. Agar tidak mengecewakan, pastikan untuk mengetahui tips membuat sayur panggang.

Ya, usahakan sayuran matang merata, tidak terlalu lembek, dan masih renyah saat digigit.

4. Salad Buah


Mengonsumsi buah tidak kalah bermanfaat dengan konsumsi sayur-sayuran. Rutin mengonsumsi buah bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, karena memiliki kandungan nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral.

Anda bisa mencoba untuk membuat salad buah sebagai hidangan untuk menyambut tahun baru 2024. Salad buah merupakan jenis makanan yang terdiri dari berbagai jenis buah segar, bisa juga dicampur dengan sayuran tertentu.

Anda bisa mengisi mangkuk salad buah dengan buah-buahan favorit atau jenis buah tertentu yang memiliki manfaat sehat untuk tubuh.

Itulah menu sehat pilihan yang bisa atau biasa disajikan atau disantap saat malam Tahun Baru.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
GMPP Sumut Desak KPK dan Kejagung Periksa Kadis Pemdes Tapsel

GMPP Sumut Desak KPK dan Kejagung Periksa Kadis Pemdes Tapsel

Sandra Dewi Lebih Banyak Diam di Pemeriksaan Kedua Kejagung, tapi Janji Akan Ungkap Kasus Korupsi Suaminya

Sandra Dewi Lebih Banyak Diam di Pemeriksaan Kedua Kejagung, tapi Janji Akan Ungkap Kasus Korupsi Suaminya

Kejagung Sita Kado Ultah Harvey Moeis untuk Sandra Dewi, Rolls-Royce dan MINI Cooper Kini Parkir di  Halaman Kejagung

Kejagung Sita Kado Ultah Harvey Moeis untuk Sandra Dewi, Rolls-Royce dan MINI Cooper Kini Parkir di Halaman Kejagung

Pengunjung Desa Doulu Meninggal Setelah Terjatuh 10 Meter dari Kamar Mandi Warung Jagung Penatapan Berastagi

Pengunjung Desa Doulu Meninggal Setelah Terjatuh 10 Meter dari Kamar Mandi Warung Jagung Penatapan Berastagi

Harvey Moeis Masa Asimilasi, Sandra Dewi Belum Boleh Jenguk

Harvey Moeis Masa Asimilasi, Sandra Dewi Belum Boleh Jenguk

Harga Jagung Naik Picu Kenaikan Harga Pakan

Harga Jagung Naik Picu Kenaikan Harga Pakan

Komentar
Berita Terbaru