Minggu, 12 Mei 2024

Payung Raksasa Masjid Agung Riau Rusak Lagi, BPK Temukan Kerugian Rp7,5 Miliar

Azzaren - Sabtu, 27 April 2024 20:03 WIB
Payung Raksasa Masjid Agung Riau Rusak Lagi, BPK Temukan Kerugian Rp7,5 Miliar
Teks foto : Payung elektrik Masjid Agung An Nur Jalan Hang Tuah, Pekanbaru yang dibangun dengan dana APBD Riau sebesar Rp42 miliar gagal beroperasi, terpal ukuran 22x23 meter terlihat lepas dari besi penyangga. (Fitra)

Kitakini.news -Payung raksasa Masjid Agung An Nur, Provinsi Riau kembali rusak dan tidak berfungsi. Badan Pemeriksa Keuangan menemukan kerugian negara sebesar Rp7,5 miliar akibat kegagalan proyek fasilitas ibadah ini.

Baca Juga:

Payung elektrik Masjid Agung An Nur Jalan Hang Tuah, Pekanbaru kembali menjadi sorotan masyarakat. Payung raksasa yang dibangun dengan dana APBD Riau sebesar Rp42 miliar gagal beroperasi. Terpal ukuran 22x23 meter terlihat lepas dari besi penyangga.

Meski sempat diperbaiki, enam payung raksasa tidak bisa mengembang. Sejak dibangun tahun 2022, payung yang mirip seperti payung di Masjid Nabawi Arab Saudi ini tidak berfungsi untuk kebutuhan sarana ibadah.

Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Riau menemukan kerugian negara Rp7,5 miliar. Kerugian tersebut disebabkan kekurangan volume pekerjaan, pengadaan alat tidak sesuai spesifikasi dan sistem sensor belum terpasang.

Kasipenkum dan Humas Kejati Riau, Bambang Heripurwanto, Kamis (26/4/2024), mengatakan pihaknya sempat melakukan penyelidikan kasus proyek payung elektrik Masjid Agung An Nur dan memeriksa sejumlah saksi.

Namun, kejaksaan menghentikan penyelidikan baru-baru ini dengan alasan kontraktor PT Bersinar Jesstive Mandiri sudah mengembalikan kerugian Rp7,5 miliar.

DPRD Riau menyatakan proyek payung elektrik ini sudah bermasalah sejak awal karena proses tender dicurigai tidak transparan,. Selain itu juga melibatkan keluarga pejabat tinggi daerah dan kesalahan penunjukan tenaga ahli.

Dewan mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi mengusut kasus payung elektrik Masjid Agung An Nur Riau untuk mengetahui siapa yang harus bertanggung jawab.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: M Iqbal
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Nezar Djoeli Minta BPK Lebih Cermat Audit  APBD Sumut 2023

Nezar Djoeli Minta BPK Lebih Cermat Audit APBD Sumut 2023

Walikota Binjai Perintahkan Seluruh OPD Susun Laporan Anggaran

Walikota Binjai Perintahkan Seluruh OPD Susun Laporan Anggaran

Komentar
Berita Terbaru