Senin, 20 Mei 2024

Pematangsiantar Tuan Rumah Sepakbola Antar Pemerintah Kota, Mari Tunjukkan Kesan Positif

M Iqbal - Selasa, 10 Oktober 2023 21:43 WIB
Pematangsiantar Tuan Rumah Sepakbola Antar Pemerintah Kota, Mari Tunjukkan Kesan Positif
Teks foto : Foto bersama usai rapat finalisasi persiapan pertandingan sepakbola persahabatan Apeksi Komwil I. (Dok Kominfo Pematangsiantar)
kitakini.news -Kota Pematangsiantar dipercaya menjadi tuan rumah dalam Pertandingan Persahabatan Sepak Bola Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) I yang dilaksanakan pada tangggal 12-16 Oktober 2023. Adapun tajuk pertandingan ini yaitu Football Tournament Friendly Match Komwil I Apeksi.

Komwil I ini meliputi seluruh kota di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagat) yaitu dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau. Ada 24 pemerintah kota yang tergabung dan diketuai oleh Bobby Nasution, Wali Kota Medan.

Baca Juga:

Dipercaya menjadi tuan rumah di ajang besar ini, menjadi kehormatan bagi Kota Pematang Siantar. Berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari rapat persiapan, rapat finalisasi, koordinasi dengan unsur terkait hingga pengecekan lapangan yang akan digunakan oleh tim-tim yang bertanding.

Ada dua lapangan disiapkan dalam perhelatan akbar ini, yakni Lapangan Rindam 1/Bukit Barisan di Jalan Argasari Kota Pematang Siantar dan Lapangan eks Kodim 0207/Simalungun, di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Pelaksana dan juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pematangsiantar, Junaedi Antonius Sitanggang didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata, Hamam Sholeh dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Johannes Sihombing.

Junaedi menyebutkan dari 24 anggota Apeksi, yang sudah siap mengikuti pertandingan persahabatan yang terdata ada 9 pemerintah kota, yakni Kota Pematangsiantar, Medan, Binjai, Sibolga, Subusalam, Lhokseumawe, Tebingtinggi, Tanjungbalai, dan Kota Padangsidimpuan.


Teks foto : Flyer pertandingan sepakbola persahabatan Apeksi Komwil I. (Dok Kominfo Pematangsiantar)

Agenda pertandingan persahabatan tersebut merupakan agenda kerja yang telah diputuskan pada Raker Korwil I di Batam beberapa waktu lalu yang menetapkan Kota Pematang Sianțar sebagai tuan rumah pelaksanaan agenda kerja Komwil I Apeksi. Kegiatan ini, akan meningkatkan PAD Kota Pematang Siantar termasuk dari segi tingkat hunian hotel.

"Yang terutama itu, sejumlah hotel yang sudah ditetapkan untuk menerima tamu, jumlah kunjungannya meningkat. Selama 5 hari kegiatan, kita optimis akan berdampak baik terhadap tingginya perputaran uang di kota Pematang Siantar. Kita berharap dukungan penuh dari teman teman media melalui pemberitaan atau publikasinya, sehingga diketahui oleh khalayak luas dan daerah lain mengetahui bahwa Kota Pematangsiantar menjadi tuan rumah yang baik," kata Junaedi.

Johannes Sihombing menambahkan, menjadi tuan rumah dalam Pertandingan Persahatan Sepakbola Apeksi Komwil I merupakan hal yang pertama di Kota Pematangsiantar. Ia juga meminta dukungan penuh dari media untuk mempublikasikan kegiatan tersebut.

"Segala saran dan masukan dari rekan media, juga kita butuhkan demi suksesnya event ini," tandasnya.

Untuk detail pertandingan dan penyambutan dari tamu yang akan hadir di Kota Pematangsiantar, dijelaskan oleh Hamam Sholeh. Katanya, detiap utusan peserta Pertandingan Persahabatan Sepakbola Apeksi Komwil I Sumbagut, akan mengirimkan timnya yang beranggotakan 25 pemain.

"Dari 25 pemain ini, ada kategori-kategori mulai dari usia pemain. Untuk pemain yang bertanding, terdiri dari unsur PNS, honorer, dan juga Forkopimda. Makanya kalau Kota Medan, Pak Bobby Nasution dan Kapolresta direncanakan akan ikut bertanding. Selain pemain, tamu-tamu undangan dari seluruh kota inilah yang akan nantinya menginap di hotel," ujar Sholeh.