Senin, 13 Mei 2024

Kadisdik Sumut Resmikan Sekretariat IKA SMAN 8 Medan, Gedung Riadil Akhir Lubis

M Iqbal - Minggu, 28 April 2024 17:56 WIB
Kadisdik Sumut Resmikan Sekretariat IKA SMAN 8 Medan, Gedung Riadil Akhir Lubis
Teks foto : Kadis Pendidikan Sumut Abdul Haris Lubis, saat menandatangani prasasti Gedung Riadil Akhir Lubis, Sekretariat IKA SMAN 8 Medan didampingi ketua Ika Smandel Medan Indra Sakti Harahap dan Kepala Sekolah Rosmaida Asianna Purba. (Munawar)

Kitakini.news -Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Abdul Haris Lubis meresmikan Sekretariat Ikatan Alumni SMA Negeri 8 Medan di Jalan Sampali, Sabtu (27/4/2024). Gedung sekretariat tersebut diberi nama H Riadil Akhir Lubis sebagai wujud penghormatan kepada Almarhum.

Baca Juga:

Acara peresmian Gedung Sekretariat IKA SMAN 8 (Ika Smandel) Medan itu dirangkai dengan acara Halal Bihalal alumni serta pemberian penghargaan kepada alumni serta penyerahan surat tugas sebagai anggota Satgas Pencegahan Tindak Kekerasan Terhadap Siswa Sekolah di SMA Negeri 8 Medan.

Ketua Umum Ika Smandel Medan, Dr Indra Sakti Harahap menyampaikan apresiasi kepada seluruh alumni atas kontribusinya sehingga gedung sekretariat Ika Smandel Medan dapat dibangun. Juga kepada Kepala Sekolah yang sangat mendukung kehadiran ikatan alumni selama ini.

"Saya ini tidak ada apa-apanya tanpa dukungan dari para alumni semua. Kita bisa begini, juga berkat kerjasama dan kepedulian seluruh alumni. Juga kepada Kepala Dinas Pendidikan Sumut yang ternyata berteman baik dengan Almarhum H Riadil Akhir Lubis. Alhamdulillah kegiatan ini dihadiri langsunf oleh beliau," ujar Indra Sakti Harahap.

Indra menjelaskan bahwa, pemberian gelar gedung sekretariat Ika Smandel Medan atas nama H Riadil Akhir Lubis, merupakan wujud penghormatan para alumni kepada sosok mantan Ketua Umum. Menurutnya, Riadil punya cita-cita untuk membesarkan nama sekolahnya bersama semua alumnus.

"Jadi dari cita-cita itu, kita berharap banyak alumni yang menempati posisi penting, baik di pemerintahan, TNI/Polri, lembaga hukum atau pengusaha yang sukses. Termasuk bagaimana SMA Negeri 8 Medan menjadi sekolah favorit dan diunggulkan," ujar Indra Sakti Harahap.

Peran serta alumni dan pihak sekolah selama ini, bagi Indra Sakti sangat penting agar keberadaan sekolah semakin baik. Sehingga siapapun lulusannya, akan mengingat dimana ia pernah mengenyam pendidikan. Apalagi sesama alumni, bisa saling memberikan manfaat, terutama kepada sesama alumni.

Atas nama pihak sekolah, Kepala SMA Negeri 8 Medan, Rosmaida Asianna Purba MSi menyampaikan terimasih dan salut kepada para alumni yang aktif memperhatikan perkembangan sekolah dan menjadikan lembaga pendidikan ini. Apalagi Kerjasama antara Ika dengan sekolah selama ini sangat baik, di bawah kepemimpinan Indra Sakti Harahap dan jajaran pengurus.

"Saya terimakasih kepada Ikatan Alumni yang selama ini sudah sangat peduli dengan keadaan sekolah. Bahkan untuk gedung Riadil Akhir Lubis ini, adalah sempat menjadi rencana dari almarhum, karena kita sampaikan bahwa yang dibutuhkan adalah memperluas lahan sekolah. Dan waktu itu, beliau mau mengupayakan untuk membeli lahan di samping sekolah kita ini," sebut Rosmaida.

Dan ternyata lanjut Rosmaida, semangat tersebut tidak berhenti saat kepengurusan Ika Smandel Medan berikutnya, di masa kepemimpinan Ketua Umum, Indra Sakti Harahap dan rekan-rekan. Sehingga keberadaan organisasi alumni tersebut, terus memberikan kontribusi bagi sekolah, maupun sesama alumni.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Abdul Haris Lubis yang meresmikan sekretariat Ika Smandel Meda, mengungkapkan bahwa sosok Riadil Akhir Lubis (Alm) merupakan sahabatnya sekaligus pernah menjadi atasannya di pemerintahan. Menurutnya, almarhum sangat peduli dengan keberadaan ikatan alumni dan sekolah.

"Dulu saya adalah anggota beliau, sekaligus berteman meskipun posisinya Almarhum adalah atasan saya. Beilau juga menyampaikan semangatnya untuk bisa memajukan SMA Negeri 8 Medan ini sebagai alumni," ungkapnya.

Ia pun mengapresiasi kepedulian Ika Smandel Medan kepada SMAN 8 Medan, termasuk keberadaan Gedung Riadil Akhir Lubis sebagai sekretariat Ika Smandel Medan. Setelah sebelumnya diketahui, sudah ada sumbangsih Ambulance di sekolah, serta rencana membangun klinik.

Dalam kegiatan tersebut, Abdul Haris Lubis bersama Ketua IKA Smandel Medan Indra Sakti Harahap dan Kepala SMAN 8 Medan Rosmaida Asianna Purba menandatangani prasasti Gedung Riadil Akhir Lubis sekaligus menggunting pita di pintu masuk gedung. Diakhiri kegiatan Halal Bihalal alumni hingga Sabtu sore.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Peserta Didik SMA Negeri 8 Medan Sabet Prestasi di Berbagai Kejuaraan

Peserta Didik SMA Negeri 8 Medan Sabet Prestasi di Berbagai Kejuaraan

Komentar
Berita Terbaru