Minggu, 25 Februari 2024

Hingga Triwulan III, Arus Bongkar Muat Melalui SPMT Meningkat Tajam

Desrin Pasaribu - Rabu, 22 November 2023 18:58 WIB
Hingga Triwulan III, Arus Bongkar Muat Melalui SPMT Meningkat Tajam
(Dok.Pelindo).
Pelabuhan milik Pelindo yang melakukan arus bongkar muat komoditas.

Kitakini.news - Arus bongkar muat berbagai jenis komoditas melalui PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) hingga triwulan III meningkat signifikan. Hingga September 2023, tercatat arus bongkar muat komoditas curah cair mencapai 22,1 juta ton atau naik 18 persen dari periode yang sama pada tahun 2022, dan angka bongkar muat curah kering mencapai 39,7 juta ton atau naik 8 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga:

Corporate Secretary PT Pelindo Multi Terminal, Fiona Sari Utami mengatakan, arus bongkar muat general dan Bag Cargo tercatat mengalami kenaikan 24 persen dibanding tahun lalu dengan angka mencapai 17,8 juta ton/M kubik.

"Demikian pula melalui komoditas gas yang terealisasi sebesar 9,2 juta MMBTu (Metric Million British Thermal Unit), meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya, dan bongkar muat kontainer mencapai 327.935 TEUs, meningkat 11 persen dari tahun 2022," ujarnya kepada wartawan di Belawan, Rabu (22/11/2023).

Di sisi lain, lanjut Fiona, angka terbesar kenaikan Throughput berhasil dicatatkan oleh arus kendaraan yang dilayani oleh anak perusahaan SPMT yakni PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk, dengan kenaikan mencapai 25 persen dari periode yang sama di tahun 2022, mencapai 1.169.498 unit pada tahun ini.

Fiona juga optimis terhadap kinerja SPMT yang akan terus meraih hasil positif hingga akhir tahun 2023. "Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus membaik sepanjang tahun 2023 ini serta didukung dengan proses transformasi yang terus berjalan di internal perusahaan, kami optimis dapat memenuhi harapan para pemegang saham," tuturnya.

Dijelaskan Fiona, sejak berdiri pada tahun 2021 sebagai bagian dari integrasi BUMN kepelabuhanan, SPMT mengemban tugas mengawal denyut nadi logistik non-peti kemas di Indonesia.

"Hingga 2023, SPMT mengelola 33 pelabuhan yang sebagian dikelola oleh anak perusahaan yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC) dan PT Terminal Curah Utama," tandasnya.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Heru
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Pelindo Multi Terminal Raih Dua Penghargaan Top Human Capital Awards 2023

Pelindo Multi Terminal Raih Dua Penghargaan Top Human Capital Awards 2023

Komentar
Berita Terbaru