Sabtu, 27 Juli 2024

Pelindo Gelar Bimtek Pelaksanaan Proyek Desain

Desrin Pasaribu - Sabtu, 04 November 2023 16:30 WIB
Pelindo Gelar Bimtek Pelaksanaan Proyek Desain
Dok.Pelindo
Kegiatan Bimtek tentang disign dan build di Pelindo Belawan.

Kitakini.news -PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Proyek desain bangun (Design and Build) bagi entitas Pelindo Group di wilayah Belawan, Senin (30/10/2023).

Baca Juga:

Vice President Corcomm SPMT, Farid Chairmawan mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung peningkatan dan keterampilan teknis dalam pelaksanaan pengelolaan proyek investasi.

Sementara itu, Direktur Teknik PT Pelindo Multi Terminal Zuhri Iryansyah, diwakili Senior Vice President (SVP) Fasilitas Pelabuhan PT SPMT, Muhammad Zulpan mengatakan metode Design and Build ini menggunakan sistem kontraktual yang terintegrasi, memungkinkan kontraktor dan perencanabekerjasama selama dan sepanjang pelaksanaan proyek, karena proses konstruksi dilaksanakan bersamaan dengan proses pengembangan disain.

Menurutnya, metode Design and Build ini akan direplika sebagai salah satu metode dalam pelaksanaan dan pengelolaan proyekPT SPMT.

"Pelaksanaan metode ini harus dipersiapkan dengan sangat matang, saat ini SPMT akan mengadopsi metode ini sebagai langkah percepatan pembangunan dan pengembangan pelabuhan di seluruh wilayah pengoperasian SPMT," terang Zulpan di Medan, Sabtu (4/11/2023).

Sementara itu, Tim Group Head Pengendalian Proyek Pelindo, Setio mengatakan dalam proses pengadaan menggunakan metode ini juga harus memberikan waktu yang cukup kepada penyedia jasa dalam menyiapkan segala dokumen penawaran antara lain digunakan untuk penyelidikan lahan tanah yang akan digunakan dalam tahap pengerjaan.

"Pengguna jasa dan penyedia jasa harus cermat dalam menentukan bagian pekerjaan yang berpotensi masuk dalam kategori Unforeseen, sehingga nantinya ketepatan dalam tahap pelaksanaan pembayaran pada bagian proyek pekerjaan dapat tercapai," pungkas Setio.

Harapannya, kegiatan Bimbingan Teknis ini dapat dimanfaatkan untuk menggali informasi dari para narasumber dan tentunya dapat bisa dimanfaatkan sebagai forum diskusi antara peserta serta menyempurnakan proses dan produk pengaturan pekerjaan konstruksi melalui metode Design and Build.

Sebelumnya, kegiatan ini dihadiri oleh Tim Group Head Manajemen Proyek, Pelindo Regional 1, Pelindo Cabang Belawan, serta PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai Subholding Pelindo, dalam bisnisnya bergerak dalam bidang kepelabuhanan mengoperasikan terminal multipurpose di Indonesia, seperti curah cair, curah kering, kargo umum. (**)


Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Heru
SHARE:
Tags
Berita Terkait
UMKM Binaan Pelindo Regional 1 Sukses di Pameran  Toba UKM Expo

UMKM Binaan Pelindo Regional 1 Sukses di Pameran Toba UKM Expo

Pelindo Tanam Pohon Disepanjang Pantai di Belawan

Pelindo Tanam Pohon Disepanjang Pantai di Belawan

Hadirkan Layanan Unggul, PT Pelindo Lakukan Transformasi Diseluruh Pelabuhan

Hadirkan Layanan Unggul, PT Pelindo Lakukan Transformasi Diseluruh Pelabuhan

SPMT Perkuat Program TJSL Menjaga Kelestarian Alam

SPMT Perkuat Program TJSL Menjaga Kelestarian Alam

HNSI Medan: Tumpahan Minyak dari Kapal MFO Tidak Mencemari Pelabuhan Belawan

HNSI Medan: Tumpahan Minyak dari Kapal MFO Tidak Mencemari Pelabuhan Belawan

PT Pelindo: Tidak Ada Perluasan Reklamasi

PT Pelindo: Tidak Ada Perluasan Reklamasi

Komentar
Berita Terbaru