Kamis, 30 Mei 2024

PT Pelindo Dorong Tingkatkan UMKM di Belawan

Desrin Pasaribu - Selasa, 16 Januari 2024 19:30 WIB
PT Pelindo Dorong Tingkatkan UMKM di Belawan
Kitakini.news/Desrin Pasaribu
Acara peningkatan kualitas produk UMKM binaan SPMT di Belawan

Kitakini.news - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) meningkatkan kebutuhan sosial masyarakat yang diwujudkan melalui program kerja peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Baca Juga:

Keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia dapat diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terdiri dari 3 indikator yakni, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami mengatakan melalui kegiatan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PPEM), SPMT berkolaborasi dengan Rumah Zakat hadir membantu meningkatkan produktivitas masyarakat khususnya UMKM di Belawan.

"Pelaku UMKM melalui pengembangan usahanya seperti branding, perizinan, serta kemampuan marketing dan pengelolaan usaha, meskipun telah memiliki modal berupa kemampuan dasar dalam berwirausaha," ujarnya kepada wartawan di Belawan, Selasa (16/1/2024).

Sementara itu, Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal Edi Priyanto menjelaskan, sebagai langkah nyata, SPMT memberikan bantuan senilai Rp25 juta dalam PPEM berupa bantuan modal usaha, pengurusan izin PIRT, pengurusan sertifikat halal, pengadaan kemasan produk ikan asin, pendampingan selama enam bulan dan monitoring dan laporan.

"SPMT hadir memberikan solusi dan kebutuhan masyarakat dalam pengembangan usaha yang berfokus pada program berkelanjutan jangka panjang. Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan potensi pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha," jelas Edi.

Harapan yang sama juga diungkapkan Sri Wahyuni, salah satu perwakilan pelaku usaha yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) ini sangat mengapresiasi atas kehadiran SPMT di tengah-tengah masyarakat. Produk-produk UMKM buatan mereka seperti ikan asin tawar Bagan Deli, nugget ikan dan kerupuk ikan.

"SPMT tidak hanya memberikan bantuan, tetapi memberikan bekal kepada kami para UMKM, di mana ilmu bermanfaat ini nantinya dapat kami turunkan kepada anak cucu kami. Sebagai pelaku usaha, kami berharap besar program ini tidak berhenti sampai di sini. Harapan kami, pengembangan produk dari pelaku Usaha binaan SPMT ini dapat didistribusikan ke pasar internasional," terangnya.

Terkait PPEM di Belawan ini, Fiona Sari Utami menambahkan, program-program pengembangan UMKM yang didukung oleh SPMT merupakan program jangka panjang untuk mendukung kemajuan UMKM sehingga dapat naik kelas.

"Langkah kepedulian ini diharapkan mampu dapat memberikan warna baru di tengah-tengah masyarakat, bermula dari produk rumahan (home industry) di pasar lokal menjadi produk-produk yang mampu bersaing di pasar global. Harapannya melalui pendekatan ini, para pelaku UMKM yang dibina oleh SPMT menjadi lebih inovatif dan dapat naik kelas sehingga memiliki daya saing yang kuat dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang," pungkas Fiona.

Bantuan pengurusan izin usaha diserahkan SPMT pada akhir Desember (29/12/2023) oleh Vice Presiden Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) SPMT, Joni Ilyas bersama Kepala Perwakilan Rumah Zakat Sumatera Utara, M. Yunis kepada KUB Bagan Deli yang dihadiri juga oleh Lurah Bagan Deli, Azwar Rifai Siregar. (**)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Heru
SHARE:
Tags
Berita Terkait
UMKM Ngaku dapat Omzet 2 Kali Lipat Selama MTQ ke-57 Medan

UMKM Ngaku dapat Omzet 2 Kali Lipat Selama MTQ ke-57 Medan

Kejari Padangsidimpuan Tahan Kadis Koperindag

Kejari Padangsidimpuan Tahan Kadis Koperindag

Nikson Nababan bersilaturrahmi dengan relawan di Medan

Nikson Nababan bersilaturrahmi dengan relawan di Medan

Mencuri 3 Ton Ikan di Perairan Indonesia, Kapal Ikan Asing Bendera Malaysia Ditangkap

Mencuri 3 Ton Ikan di Perairan Indonesia, Kapal Ikan Asing Bendera Malaysia Ditangkap

Kemunculan Buaya Muara Berukuran Besar, Petugas Sisir Lokasi

Kemunculan Buaya Muara Berukuran Besar, Petugas Sisir Lokasi

Sejak Pandemi Berakhir, Penyaluran Kredit Mikro Mendominasi

Sejak Pandemi Berakhir, Penyaluran Kredit Mikro Mendominasi

Komentar
Berita Terbaru