Minggu, 14 Juli 2024

Real Madrid Juara Liga Champions, Kalahkan Borussia Dortmund 2-0 di Final

Ral Madrid Tambah Koleksi Gelar Liga Champions menjadi 15
Sukri - Minggu, 02 Juni 2024 04:24 WIB
Real Madrid Juara Liga Champions, Kalahkan Borussia Dortmund 2-0 di Final
istimewa
Ekspresi Dani Carvajal (dua kanan) dan rekan-rekannya usai memenangjan trofi Liga Champions 2024. Carvajal mencetak satu dari dua gol kemenangan Real Madrid atas Borussia Dortmund di final Liga Champions 2024.(Foto: tangkapan layar)
Kitakini.news -Real Madrid berhasil meraih gelar Liga Champions setelah mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0 dalam pertandingan final yang digelar di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB. Tim asuhan Carlo Ancelotti menunjukkan performa impresif di babak kedua untuk memastikan kemenangan mereka.

Baca Juga:

Pertandingan sempat berlangsung tanpa gol hingga akhir babak pertama. Borussia Dortmund tampil agresif dan berhasil menciptakan delapan tembakan ke arah gawang Real Madrid sepanjang babak pertama. Namun, kokohnya pertahanan dan ketangguhan kiper Thibaut Courtois berhasil menggagalkan semua peluang tersebut.


Memasuki babak kedua, Real Madrid tampil lebih menyerang dan menciptakan beberapa peluang berbahaya. Upaya mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-74. Dani Carvajal memecah kebuntuan dengan sundulan kepala yang memanfaatkan sepak pojok dari sisi kanan gawang Borussia Dortmund. Gol ini memberikan keunggulan pertama bagi Real Madrid.


Tidak berhenti di situ, delapan menit kemudian, Vinicius Junior menambah keunggulan Real Madrid. Penyerang asal Brasil ini berhasil lolos dari kawalan bek Dortmund dan dengan tenang mencetak gol kedua untuk timnya pada menit ke-82. Gol ini mengukuhkan dominasi Real Madrid di pertandingan final tersebut.


Dengan kemenangan ini, Real Madrid kembali menambah koleksi trofi Liga Champions mereka menjadi 15 kali. Sementara itu, Borussia Dortmund harus puas sebagai runner-up meski telah menunjukkan perlawanan sengit terutama di babak pertama.


Real Madrid tampil solid dan efektif dalam memanfaatkan peluang di babak kedua, berbeda dengan Dortmund yang gagal memanfaatkan dominasi mereka di babak pertama dan mempersembahkan trofi Liga Champion untuk kedua kalinya bagi klub liga Jerman, Bundes Liga itu.


Keberhasilan ini juga menunjukkan keahlian pelatih Carlo Ancelotti dalam mengatur strategi dan memotivasi timnya untuk bangkit setelah tekanan berat di babak pertama.


Dengan performa gemilang ini, Real Madrid sekali lagi membuktikan diri sebagai salah satu tim terbaik di Eropa. Vinicius Junior dan Dani Carvajal menjadi pahlawan dalam pertandingan final ini dengan gol-gol mereka yang memastikan kemenangan dan gelar juara bagi Los Blancos.


Di babak Dortmund, yang berusaha meraih gelar Liga Champions untuk kedua kalinya, tampil dengan formasi 4-2-3-1. Pelatih Edin Terzic menempatkan Niclas Fullkrug sebagai penyerang tunggal, didukung oleh Jadon Sancho, Julian Brandt, dan Karim Adeyemi. Di lini tengah, Marcel Sabitzer dan Emre Can berduet untuk mengatur permainan.


Di lini belakang, Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, dan Ian Maatsen berjaga di depan kiper Gregor Kobel. Dengan komposisi ini, Dortmund berharap bisa mengulang sukses mereka di kompetisi elite Eropa.


Real Madrid, di bawah asuhan Carlo Ancelotti, menggunakan formasi 4-3-1-2. Duo Brasil, Rodrygo dan Vinicius Junior, menjadi ujung tombak serangan, didukung oleh Jude Bellingham. Di lini tengah, Toni Kroos, Eduardo Camavinga, dan Federico Valverde bekerja sama untuk mengendalikan permainan.


Di lini belakang, Madrid mengandalkan Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Nacho, dan Ferland Mendy. Kiper Thibaut Courtois yang baru pulih dari cedera kembali tampil mengawal gawang Los Blancos. Dengan susunan pemain ini, Real Madrid berambisi meraih gelar Liga Champions ke-15 mereka.


Pertahanan Dortmund yang kokoh membuat Real Madrid kesulitan menembus barisan belakang lawan. Meskipun mendominasi penguasaan bola, tim dari ibu kota Spanyol itu tidak mampu menciptakan peluang berbahaya pada babak pertama.


Dortmund berhasil menciptakan beberapa peluang emas. Pada menit ke-13, Julian Brandt hampir mencetak gol setelah menerima umpan dari Niclas Fullkrug, namun tendangannya melebar. Peluang lainnya datang pada menit ke-24, saat tendangan Fullkrug membentur tiang gawang Courtois.


Real Madrid juga memiliki kesempatan pada menit ke-20, ketika Dani Carvajal mengirim umpan ke depan gawang, namun Jude Bellingham gagal memanfaatkannya. Selain itu, serangan dari Karim Adeyemi yang berhasil menembus pertahanan Madrid, sayangnya gagal membuahkan gol.


Menjelang akhir babak pertama, Vinicius Junior mendapat kartu kuning karena melanggar kiper Dortmund, Gregor Kobel. Nico Schlotterbeck dari Dortmund juga diganjar kartu kuning setelah memprotes keputusan wasit atas pelanggaran yang dilakukan Ryerson terhadap Vinicius.


Dortmund terus menekan hingga menit-menit akhir babak pertama. Pada menit ke-41, Marcel Sabitzer melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang ditepis Courtois. Sabitzer kembali mendapat kartu kuning dua menit kemudian karena melanggar Ferland Mendy.


Secara keseluruhan, Real Madrid mendominasi penguasaan bola hingga 63%, namun gagal melepaskan tendangan tepat ke gawang Dortmund. Sementara itu, Dortmund yang hanya memiliki 37% penguasaan bola, berhasil melepaskan tiga tendangan tepat ke gawang. Skor tetap imbang tanpa gol hingga babak pertama berakhir.


Susunan Pemain Final Liga Champions Borussia Dortmund vs Real Madrid:


Borussia Dortmund (4-2-3-1):

- Kiper: Gregor Kobel

- Belakang: Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Ian Maatsen

- Tengah: Marcel Sabitzer, Emre Can

- Depan: Jadon Sancho, Julian Brandt, Karim Adeyemi

- Penyerang: Niclas Fullkrug

- Pelatih: Edin Terzic


Real Madrid (4-3-1-2):

- Kiper: Thibaut Courtois

- Belakang: Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Nacho, Ferland Mendy

- Tengah: Toni Kroos, Eduardo Camavinga, Federico Valverde

- Depan: Jude Bellingham, Rodrygo, Vinicius Junior

- Pelatih: Carlo Ancelotti

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Real Madrid Bermain Imbang Tanpa Gol Melawan Borussia Dortmund di Babak Pertama Final Liga Champions

Real Madrid Bermain Imbang Tanpa Gol Melawan Borussia Dortmund di Babak Pertama Final Liga Champions

Final Liga Champions UEFA 2024 Real Madrid vs Borussia Dortmund, Mampukah David Runtuhkan Hegemoni Raksasa Goliath?

Final Liga Champions UEFA 2024 Real Madrid vs Borussia Dortmund, Mampukah David Runtuhkan Hegemoni Raksasa Goliath?

Real Madrid Melaju ke Final Liga Champions 2023/2024 Setelah Menaklukkan Bayern Munchen dengan Skor 2-1

Real Madrid Melaju ke Final Liga Champions 2023/2024 Setelah Menaklukkan Bayern Munchen dengan Skor 2-1

Bayern Munchen Waspada Hadapi Real Madrid di Leg 2, Bahkan Siapkan Strategi Bendung Toni Kroos

Bayern Munchen Waspada Hadapi Real Madrid di Leg 2, Bahkan Siapkan Strategi Bendung Toni Kroos

Borussia Dortmund Kunci Tiket ke Final Liga Champions dengan Kemenangan 1-0 atas Paris Saint-Germain

Borussia Dortmund Kunci Tiket ke Final Liga Champions dengan Kemenangan 1-0 atas Paris Saint-Germain

Imbang 2-2, Bayern Munchen harus Tampil All-Out Hadapi Real Madrid di Santiago Bernabeu

Imbang 2-2, Bayern Munchen harus Tampil All-Out Hadapi Real Madrid di Santiago Bernabeu

Komentar
Berita Terbaru