Senin, 22 Juli 2024

Aktivis Lingkungan di Belawan Kelola Limbah Plastik jadi Perabotan

Azzaren - Senin, 20 November 2023 19:47 WIB
Aktivis Lingkungan di Belawan Kelola Limbah Plastik jadi Perabotan
Teks foto : Hasil daur ulang berbagai jenis sampah plastik menjadi balok dan papan ini, dapat dimanfaatkan dan dibuat menjadi meja, kursi, pagar dan tiang lampu taman yang memiliki nilai jual. (Koko)

Kitakini.news -Aktivis lingkungan hidup di Belawan mengelola limbah sampah plastik menjadi papan dan balok layaknya kayu, yang kemudian diolah menjadi berbagai jenis perabotan rumah tangga berkualitas.

Baca Juga:

Selain dapat mengurangi sampah juga dapat mengurangi jumlah penebangan pohon di hutan Sumatera.

Seperti yang dilakukan salah seorang aktivis lingkungan hidup yang merupakan binaan Kecamatan Medan Belawan, membuka pusat daur ulang limbah sampah plastik di kawasan jalan Asahan, Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara.

Dengan menggunakan mesin khusus sebelum menjadi balok dan papan, sampah plastik yang telah dikumpulkan dan dibersihkan dimasukkan ke dalam mesin kemudian dilelehkan dengan suhu panas mencapai 400 derajat celcius.

Setelah itu lelehan plastik tersebut dialirkan ke mal pencetak dan dipress menjadi bentuk balok atau papan yang kuat seperti dari bahan kayu.

Hasil daur ulang berbagai jenis sampah plastik menjadi balok dan papan ini, dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk berbagai kebutuhan layaknya bahan dari kayu seperti meja, kursi, pagar dan tiang lampu taman yang memiliki nilai jual.

Aktivis Lingkungan Hidup di Belawan, Tom Nauli Sinaga, mengatakan pembuatan papan dan balok terbuat dari bahan limbah plastik layaknya kayu yang kuat dan dapat diolah menjadi berbagai jenis perabotan rumah tangga memiliki nilai jual.

Selain itu juga dapat menjaga lingkungan terhadap limbah plastik juga dapat mengurangi jumlah penebangan pohon.

Dengan adanya mesin bertenaga listrik pengolahan limbah sampah plastik yang sudah hampir setahun beroperasi, diharapkan seluruh sampah plastik di pesisir Belawan ini akan berkurang bahkan habis. Selain itu juga dapat membuka lapangan pekerjaan.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: M Iqbal
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Sekelompok Pemuda di Padang Ciptakan Barang Meubel Estetik dari Sampah Plastik

Sekelompok Pemuda di Padang Ciptakan Barang Meubel Estetik dari Sampah Plastik

Sampah Alat Peraga Kampanye Pemilu di Medan Diolah Jadi Meja

Sampah Alat Peraga Kampanye Pemilu di Medan Diolah Jadi Meja

Komentar
Berita Terbaru